Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia 17 views

Follow

Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia telah membuat 1 lowongan kerja

0 Review

Nilai Perusahaan Ini ( Belum ada review )

Work/Life Balance
Comp & Benefits
Senior Management
Career Opportunity

Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia

(0)

Informasi Perusahaan

  • Total Lowongan 1 Lowongan
  • Alamat lengkap Jl. Medan Merdeka Sel. No.13,Gambir, Kota Jakarta Pusat

Tentang Perusahaan

Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia (disingkat Kementerian BUMN RI) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembinaan badan usaha milik negara (BUMN). Kementerian BUMN dipimpin oleh seorang Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) yang sejak 23 Oktober 2019 dijabat oleh Erick Thohir. Kementerian BUMN merupakan transformasi dari unit kerja eselon II Departemen Keuangan (1973-1993) yang kemudian menjadi unit kerja eselon I (1993-1998 dan 2000-2001). Tahun 1998-2000 dan tahun 2001 sampai sekarang, unit kerja tersebut menjadi Kementerian BUMN .Peran BUMN adalah sebagai mesin pengembangan ekonomi dan daya saing industri. BUMN mencapai hasil-hasil sosial-ekonomi yang telah mapan seperti pembangunan perkotaan, penciptaan perumahan untuk kaum miskin, pengembangan klaster sektoral dan hasil-hasil lain yang bermanfaat secara sosial.BUMN sebagai usaha milik negara telah memiliki peran yang sangat besar bagi pertumbuhan ekonomi dan infastuktur Indonesia.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pada tahun 2020 telah melakukan restrukturisasi anak cucu perusahaan negara yang dinilai tidak efisien dan tidak memiliki kinerja dan dampak besar bagi negara. Perampingan ini merupakan keputusan pertama kali yang terjadi sepanjang sejarah BUMN, ketika dari 27 klaster bisnis yang ada di Kementerian akan dipersempit menjadi 14 klaster atau kurang lebih 50%. Dimana nantinya setiap wakil menteri masing-masing akan mengawasi 7 sampai 8 klaster, kemudian nantinya masing-masing perusahaan akan di review oleh direksi dengan konsultan pendampingnya. Dalam hal restrukturisasi BUMN, Erick Thohir hingga saat ini telah berhasil mengurangi dari sebelumnya 142 perusahaan menjadi 107 perusahaan. Upaya ini dilakukan dengan mengkonsolidasikan BUMN yang memiliki usaha yang sama dan ke depannya akan diturunkan hingga 80 perusahaan saja.

Alamat kantor kementerian :
Kementerian BUMN
Jl. Medan Merdeka Sel. No.13,
Gambir, Kota Jakarta Pusat,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110, Indonesia
+62 21 29935678

Share ke Sosmed

Hubungi kami

Disclaimer : Kami tidak bertanggung jawab terhadap keseluruhan materi iklan yang tampil di situs ini. Seluruh materi iklan yang terdapat pada situs ini menjadi tanggung jawab masing-masing pemasang iklan.